Sabtu, 07 Desember 2013

Dadar Gulung Vla


First trial membuat dadar gulung..bermasalah saat menghias di bagian kulitnya. Belepotan! Next time bisa lebih rapi lagi deh.
Kue ini aku bilang kue jadul, dari resep warisan. Karena sejak kecil aku sudah familiar dengan kudapan satu ini. Ibuku bisa dibilang sering bangetlah bikin, entah sekedar untuk cemilan keluarga, atau saat arisan. Kulitnya lembut dan lentur dengan isian vla coklat yang menggiurkan. Dan sampai sekarang masih jadi kue favoritku. Tapi.. waktu itu aku hanya bisa memakannya, belum pernah mencoba untuk membuatnya :D. Dan satu lagi, menurutku dadar gulung ini lebih nikmat jika disantap dalam keadaan dingin.
Naah kali ini sekalian aku akan berbagi resepnya.

Bahan kulit :

  1. 100 gr tepung terigu segitiga
  2. 300 ml susu cair
  3. 1 butir telur, kocok lepas
  4. 1 sdm mentega, lelehkan
  5. 1 sdt coklat bubuk
  6. sedikit garam
Cara membuatnya :

  1. Campurkan tepung terigu, telur & garam, lalu tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat, agar tidak bergerindil. Lalu tambahkan mentega cair, aduk-aduk rata.
  2. Ambil 1 sendok sayur adonan lalu campurkan dengan coklat bubuk, aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag, potong sedikit saja pada ujungnya.
  3. Panaskan pan dadar anti lengket, oles tipis dengan mentega. Semprotkan adonan coklat membentuk garis-garis, biarkan sebentar lalu tuang 1 sendok sayur adonan putih sambil diputar-putar hingga merata pada pan. Biarkan hingga matang. Kemudian balikkan pada piring datar. Lakukan hingga adonan habis.
Bahan Vla :

  1. 300 ml susu cair coklat
  2. 50 gr dcc, lelehkan
  3. 1 kuning telur
  4. 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
  5.  2 sdm gula pasir
  6. 1 sdt butter/margarin
  7. sedikit garam
Cara membuat vla :

  1. Masukkan susu cair, garam & gula pasir aduk-aduk di atas api sedang hingga mendidih.
  2. Ambil sedikit susu panas lalu campurkan dengan kuning telur, kemudian masukkan ke dalam susu, aduk cepat hingga rata.
  3. Masukkan larutan maizena, aduk-aduk lagi hingga rata dan licin. Tambahkan margarin & dcc, aduk. Angkat.
  4. Siap untuk dijadikan isian pada kulit dadar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar