Rabu, 27 November 2013

Kue Pukis Varian






Resep ini aku dapatkan dari buku saat aku membeli sebuah cetakan berbentuk bulat mirip cetakan dorayaki. Tapi kurang berminat untuk mencobanya, karena aku pikir kue pukis ya begitu-begitu rasanya. Selain agak padat, biasanya kurang lembut. Alhasil beberapa tahun tak pernah ku longok lagi buku resep yang aku dapat dari membeli cetakan kue tersebut.
Tapi setelah itu tiba-tiba saja datang rasa penasaranku untuk mencoba resep ini, karena sekedar mendengar cerita seorang kawan yang katanya kue pukis yang ia buat jadi keras dan tidak enak. Singkat cerita hasil dari pembuatan kue ini benar-benar maknyuus. Teksturnya lembut, ringan dan kata teman-teman yang pernah mencobanya, hanya ada satu kata "enaaaak"..hehe. Buat penggemar kue pukis, resep ini recommended deh.


Bahan :

  • 200 gr tepung terigu protein sedang 
  • 3 butir telur
  • 175 gr gula pasir 
  • 200 cc santan kental
  • 100 gr margarin (aku pakai 50 gr margarin 50 gr butter), lelehkan
  • 5 gr ragi instant
  • 3 gr garam

Cara membuat :

  • Kocok telur, gula pasir & ragi instant hingga mengembang.
  • Kecilkan pada speed rendah, lalu masukkan tepung terigu & garam bergantian dengan santan & margarin, aduk sebentar sampai rata. Matikan mixer.
  • Diamkan adonan selama 1 jam.
  • Siapkan cetakan pukis (aku pakai cetakan dorayaki pan), panaskan di atas api kecil sebentar.
  • Isi setiap lubang kira-kira satu sendok sayur.
  • Tutup. Lalu panggang selama kira-kira 10 menit sampai matang.
Catatan :
Jika pakai taburan kismis, keju, atau kacang - kacangan, panggang dulu selama 3-5 menit, lalu taburi sesuai selera, kemudian panggang lagi sampai matang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar