Rabu, 27 November 2013

Banana Muffin



Muffin lagi.. Muffin lagi.. Maklumlah, suamiku sebagai orang pertama yang selalu icip - icip hasil bakingku adalah penggemar berat kue muffin. Dari beberapa kue lezat yang pernah jadi suguhan, kalau ada muffin, pasti deh muffin jadi first choice. Makanya akupun ga pernah bosen bikin. Salah satunya Banana Muffin yang  aku ambil dari blognya justtryandtaste.blogspot.com yang sudah aku modifikasi ala aku ya..( wiih gayaku udah kaya pakar kue nih..hehe ) Rasanya mantap, pisangnya kerasa banget berpadu dengan keju di dalamnya. Makasih ya udah kasih contekan resepnya.
Cuma sayangnya pas foto ini diambil, pencahayaannya kurang dapet. Cuaca lagi mendung banget. Take fotonya pake hand phone pula.. hehehe. Tapi yang pasti rasa muffin ini enaklah  :)

Bahan :
190 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking soda, bisa skip (aku tidak pakai)
1 1/2 sdt baking powder double action, pastikan masih fresh
1/2 sdt garam
3 buah pisang yang sangat matang
150 gr gula pasir (aku pakai 100 gr)
1 butir telur
75 gr margarin lelehkan (aku pakai butter)
1/2 sdt kayu manis bubuk (aku tidak pakai)
150 gr keju parut

Cara membuat :

  1. Blender pisang hingga lembut.
  2. Ayak tepung terigu, baking powder & garam. Sisihkan.
  3. Kocok lepas telur sebentar saja, lalu masukkan gula pasir, pisang halus & mentega cair, aduk rata.
  4. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam adonan pisang & telur, aduk rata sebentar saja ( jangan terlalu kuat mengaduk karena tepung akan menjadi gluten yang menyebabkan kue jadi keras/bantat ).
  5. Tuang ke dalam paper cup muffin 1/2 nya, isi dengan keju parut, lalu tuang lagi adonan hingga mencapai 3/4 cetakan, taburi dengan choco chip.
  6. Panggang dengan suhu 190 derajat Celcius selama 20 - 25 menit hingga matang.
Catatan :

Muffin bisa bertahan hingga kira - kira 1 bulan dalam lemari pendingin, dan jika akan dihidangkan hangatkan dalam microwave, agar muffin tidak keras.

Happy baking :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar