Kamis, 10 April 2014

Es Brenebon


Aku sengaja pakai istilah orang Manado dalam menyebut kacang merah. Karena es kacang merah ini memang berasal dari Sulawesi Utara, selain ada pula sup brenebon yang terkenal lezatnya itu. Kata Brenebon diambil dari Van Der Sar yaitu Bruine (warna cokelat) dan Bonen (kacang).
Es kacang merah ini sangat lezat dipadu dengan santan yang gurih dan kacang merahnya yang lunak serta legit. Sebetulnya aku pengen buat yang mirip kaya di resto Jepang itu, dengan kacang merah adzuki, kacang merah yang berbutir kecil. Tapi berhubung stock di dapur adanya yang jenis kidney bean, yang bentuknya seperti ginjal itu lho... jadi eksekusi tetep berjalan hehehe...
Karena dalam kacang merah mengandung banyak gas, maka bagi yang mempunyai masalah dengan lambung seperti aku, sebaiknya kacang merah direndam semalaman untuk membuang kandungan gasnya. Selain itu untuk membuat kacang merah ini cepat lunak saat diolah menjadi makanan atau minuman.
Tak perlu berpanjang lebar membahas si brenebon ini ya... Yang berminat dengan resepnya liat di bawah sini aja, monggo...

Bahan :
  1. 250 gr kacang merah, rendam semalam, cuci, tiriskan
  2. 1 sdm cokelat bubuk
  3. 1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
  4. 375 gr gula pasir
  5. 1.500 ml air
  6. 1/2 sdt vanilla essence
  7. 400 ml santan kental
  8. 1/2 sdt garam
  9. 3 sdm susu kental manis putih
Cara membuatnya :
  1. Rebus kacang merah bersama 1000 ml air hingga matang.
  2. Tambahkan lagi sisa air. Lalu gula, maizena dan cokelat bubuk, aduk-aduk hingga tampak sedikit kental. Masak terus hingga kacang merah benar-benar lunak dan cairan menyusut. Sisihkan.
  3.  Rebus santan bersama garam, aduk-aduk agar santan tidak pecah. Angkat. Tambahkan vanilla essence, ratakan. 
  4. Tuang kacang merah ke dalam gelas saji kemudian tambahkan santan, beri es serut atau es batu, lalu tuangi susu kental manis.
  5. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar